Pengaruh Sosialisasi Pajak, Tingkat Pendidikan, dan Pemahaman Wajib Pajak Badan Pada UKM Kota Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v1i1.13Kata Kunci:
tax socialization, education level, taxpayer understanding, taxpayer complianceAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sosialisasi perpajakan, tingkat pendidikan, dan pemahaman wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pada UKM Kota Bekasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan total sampel seluruh UKM yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi berjumlah 86 UKM. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Teknik analisis statistik menggunakan program SPSS 25 dengan rumus statistikregresi linear berganda (linear multiple regression), uji signifikansi simultan (Uji F), uji signifikansi parsial (Uji T) dan koefisien determinasi (R2). Hasil uji statistik penelitian menunjukan nilai sig < α (0,010 < 0,05) dan F hitung > F tabel atau 4,111 > 2,74 pada tingkat signifikasi 5% dan R Square adalah 0,150 yang artinya secara simultan sosialisasi perpajakan, tingkat pendidikan dan pemahaman wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak badan pada UKM di Kota Bekasi.
Referensi
Andriani, Yulita. 2015. Pengaruh Sosialisasi Pajak, Pemahaman Perpajakan dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Jurnal Ekonomi. Vol 10. No.3
Arisandy, Nelsi. 2015. Pengaruh pemahaman wajib pajak, kesadaran wajib pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan bisnis online di pekanbaru. Jurnal Ekonomi dan bisnis. Vol 14. No.1
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
LAKIN DJP 2018. 20 Agustus 2019 diakses dari https://www.pajak.go.id/Lakin Liberty.
Liberty, Pandiangan. 2016. Administrasi perpajakan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Lidya, Oktavanie. 2013. Sosialisasi perpajakan, pelayanan fiskus dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan WPOP di KPP Manado dan KPP Bitung. Jurnal Ekonomi dan bisnis. Vol 1. No.3
Notoatmodjo, S. 2010. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahmawati, Anastasia. 2017. Pengaruh Latar Belakang pendidikan, usia,
peredaran usaha, lama usaha, dan pemahaman pengusaha UMKM terhadap tingkat kepatuhan pemenuhan kewajiban Perpajakan. Jurnal Ekonomi. Vol 8. No.2
Ruhana, Ika. 2016. Pengaruh Sosialisasi, Pemahaman, dan Kesadaran Prosedur Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ekonomi. Vol 9. No.1
Riduwan. 2012. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Saragih, Charles Victor B. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Ketersediaan Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lulur Mandi Sumber Ayu di Jakarta. Jurnal MIX. Vol. 3, No. 2.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis.
Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Bisnis.
Bandung : Alfabet.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta..
Susilo, Heru. 2015. Pengaruh Sosialisasi Motivasi, dan pemahaman wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Jurnal Ekonomi. Vol 12. No.4
Sony Devano, dan Siti Kurnia Rahayu. 2006. Perpajakan:Konsep, Teori, dan Isu, Satu. Jakarta :Kencana Prenada Media Group.
Waluyo. 2014. Perpajakan Indonesia.
Salemba Empat, Jakarta.
Widayati dan Nurlis, 2010. “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas (studi kasus KPP Pratama Gambir Tiga)”. Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto.
Mutaufiq, A. (2020). Pemberian Pembiayaan Kendaraan Bermotor Pada Pt. Bpr Syariah Artha Madani Kantor Cabang Pembantu Syariah, Cikarang. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 1(2), 43–59. https://doi.org/10.51805/jmbk.v1i2.19
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ekonomi dan Bisnis

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.