Efektivitas Model Pembelajaran Hybrid Di Pendidikan Islam Pasca Pandemi Dalam Tinjauan Manajemen Dan Kesiapan Infrastruktur
DOI:
https://doi.org/10.56145/jurnalekonomidanbisnis.v1i2.291Kata Kunci:
Pendidikan Islam, Pembelajaran Hybrid, Efektivitas Pembelajaran, Kesiapan Infrastruktur, Manajemen PendidikanAbstrak
Penelitian ini mengevaluasi efektivitas model pembelajaran hybrid dalam Pendidikan Islam pasca pandemi, ditinjau dari aspek manajerial dan kesiapan infrastruktur di SMK YAPISHA Sela Awi Garut. Pandemi COVID-19 mendorong transformasi pembelajaran di Pendidikan Islam, dari tatap muka ke hybrid, yang menggabungkan metode daring dan luring untuk menjaga keseimbangan pencapaian akademik dan penguatan karakter. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, melibatkan kuesioner dan wawancara kepada guru, manajemen, dan siswa di lembaga Pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model hybrid meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi, serta memberikan fleksibilitas waktu dalam belajar. Namun, efektivitas model ini sangat dipengaruhi oleh kesiapan infrastruktur, terutama ketersediaan akses internet dan perangkat teknologi, yang masih menjadi tantangan di beberapa daerah. Faktor manajerial, seperti dukungan pelatihan dan kebijakan yang adaptif, juga memainkan peran kunci dalam menunjang keberhasilan pembelajaran hybrid. Lembaga di wilayah perkotaan cenderung lebih siap dalam hal infrastruktur dan manajemen dibandingkan daerah pedesaan, menunjukkan adanya kesenjangan digital yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan dukungan infrastruktur dan pelatihan manajerial untuk memperkuat implementasi model hybrid, agar Pendidikan Islam dapat memenuhi kebutuhan siswa secara lebih inklusif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi.
Referensi
Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2008). Blended learning in higher education: Framework, principles, and guidelines. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
Anderson, T. (2008). The theory and practice of online learning (2nd ed.). Athabasca, AB: Athabasca University Press.
Bates, A. W. (2015). Teaching in a digital age: Guidelines for designing teaching and learning. Vancouver, Canada: Tony Bates Associates Ltd.
Bonk, C. J., & Graham, C. R. (Eds.). (2012). The handbook of blended learning: Global perspectives, local designs. San Francisco, CA: Pfeiffer Publishing.
Hrastinski, S. (2019). What do we mean by blended learning? TechTrends, 63(5), 564–569. https://doi.org/10.1007/s11528-019-00375-5
Means, B., Toyama, Y., Murphy, R., Bakia, M., & Jones, K. (2013). The effectiveness of online and blended learning: A meta-analysis of the empirical literature. Teachers College Record, 115(3), 1–47.
Graham, C. R. (2006). Blended learning systems: Definition, current trends, and future directions. In C. J. Bonk & C. R. Graham (Eds.), Handbook of blended learning: Global perspectives, local designs (pp. 3-21). San Francisco, CA: Pfeiffer Publishing.
Picciano, A. G., & Dziuban, C. D. (2007). Blended learning: Research perspectives. Needham, MA: Sloan Consortium.
Osguthorpe, R. T., & Graham, C. R. (2003). Blended learning environments: Definitions and directions. The Quarterly Review of Distance Education, 4(3), 227-233.
Singh, H. (2003). Building effective blended learning programs. Educational Technology, 43(6), 51-54
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ai Enung Nurhidayah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.