Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pembeli Rumah Di Cluster Fruitville

Penulis

  • Teuku Alexander Azwani Amzul Universitas Bung Karno, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v2i2.40

Kata Kunci:

Bauran Pemasaran, Kepuasan Konsumen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product, price, place dan promotion secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian rumah di Cluster Fruitville, Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Heterokedatisitas, Uji Normalitas, Analisis Regresi Liner Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi, Hasil Uji Hipotesis (Uji t) dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran berpengaruh terhadap kepuasan konsumen , hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi liner sederhana yaitu Y = 13,183 + 0,665X artinya bahwa bauran pemasaran adalah 0, maka kepuasan konsumen  hanya sebesar 13,183. Apabila terjadi kenaikan dalam bauran pemasaran sebesar 1 satuan (X=1), olah karena itu akan mempengaruhi peningkatan kinerja (Y) sebesar 0,665. Berdasarkan dari nilai koefisien korelasi r = 0,671 dapat diketahui bawah hubungan variabel bauran pemasaran (X) terhadap kepuasan konsumen  (Y) pada Cluster Fruitville Kabupaten Bekasi adalah kuat, dikatakan kuat dikarenakan pada tabel interpretasi koefisien korelasi nilai r (0,671) berada pada taraf 0,60 - 0,799. Distribusi dari bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen  pada Cluster Fruitville Kabupaten Bekasi sebesar 45% (hasil dari perhitungan koefisien determinasi) dan sebesar 55% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dan dari hasil uji t dimana hasil thitung > ttabel (6,267 >  2,011), maka Ho ditolak dan Ha diterima, disimpulkan maka terdapat pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen  pada  Cluster Fruitville Kabupaten Bekasi.

Referensi

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Andreti, J., Zhafira, N. H., Akmal, S. S., & Kumar, S. (2013). The analysis of product, price, place, promotion and service quality on customers� buying decision of convenience store: A survey of young adult in Bekasi, West Java, Indonesia. International Journal of Advances in Management and Economics, 2(6), 72–78.

Muhtar, M. S. (2015). Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi dan Rumah Tangga Berbasis Android. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Wadud, M. (2018). Bauran Pemasaran Jasa (3 Ps: People, Process & Physical Evidence) Bagi Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(1), 21–29.

Diterbitkan

2022-07-29

Cara Mengutip

Amzul, T. A. A. . (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pembeli Rumah Di Cluster Fruitville. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 45–55. https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v2i2.40