Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pembeli Rumah Di Cluster Fruitville
DOI:
https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v2i2.40Kata Kunci:
Bauran Pemasaran, Kepuasan KonsumenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product, price, place dan promotion secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian rumah di Cluster Fruitville, Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Heterokedatisitas, Uji Normalitas, Analisis Regresi Liner Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi, Hasil Uji Hipotesis (Uji t) dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran berpengaruh terhadap kepuasan konsumen , hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi liner sederhana yaitu Y = 13,183 + 0,665X artinya bahwa bauran pemasaran adalah 0, maka kepuasan konsumen hanya sebesar 13,183. Apabila terjadi kenaikan dalam bauran pemasaran sebesar 1 satuan (X=1), olah karena itu akan mempengaruhi peningkatan kinerja (Y) sebesar 0,665. Berdasarkan dari nilai koefisien korelasi r = 0,671 dapat diketahui bawah hubungan variabel bauran pemasaran (X) terhadap kepuasan konsumen (Y) pada Cluster Fruitville Kabupaten Bekasi adalah kuat, dikatakan kuat dikarenakan pada tabel interpretasi koefisien korelasi nilai r (0,671) berada pada taraf 0,60 - 0,799. Distribusi dari bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada Cluster Fruitville Kabupaten Bekasi sebesar 45% (hasil dari perhitungan koefisien determinasi) dan sebesar 55% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dan dari hasil uji t dimana hasil thitung > ttabel (6,267 > 2,011), maka Ho ditolak dan Ha diterima, disimpulkan maka terdapat pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada Cluster Fruitville Kabupaten Bekasi.
Referensi
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.
Andreti, J., Zhafira, N. H., Akmal, S. S., & Kumar, S. (2013). The analysis of product, price, place, promotion and service quality on customers� buying decision of convenience store: A survey of young adult in Bekasi, West Java, Indonesia. International Journal of Advances in Management and Economics, 2(6), 72–78.
Muhtar, M. S. (2015). Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi dan Rumah Tangga Berbasis Android. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Wadud, M. (2018). Bauran Pemasaran Jasa (3 Ps: People, Process & Physical Evidence) Bagi Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(1), 21–29.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Teuku Alexander Azwani Amzul

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.