Analisis Pajak dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Food & Beverage Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 – 2021
DOI:
https://doi.org/10.56145/jurnalekonomidanbisnis.v2i2.54Kata Kunci:
Pajak, Mekanisme Bonus, Transfer PricingAbstrak
Analisis Pajak dan Mekanisme Bonus terhadap Transfer Pricing pada Perusahaan Food & Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 - 2021”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar pengaruh pajak, dan mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing. Variabel independen yang digunakan adalah pajak dan mekanisme bonus. Variabel dependen yang digunakan adalah transfer pricing. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan food & beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menggunakan laporan keuangan periode 2019-2021. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 18 perusahaan selama periode pengamatan 3 tahun berturut turut dan total populasi sebanyak 72. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Dari hasil uji signifikasi pengaruh parsial (uji t) diketahui bahwa t hitung untuk variabel pajak sebesar 1,235 sementara t tabel sebesar 1,692 berarti t hitung < t tabel, sementara nilai signifikansi yang didapat sebesar 0,226 artinya signifikansi > 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara variabel pajak dengan variabel transfer pricing. Dari hasil uji signifikasi parsial (uji t) diketahui bahwa t hitung sebesar 1,848 sementara t tabel sebesar 1,692 berarti t hitung > t tabel, sementara nilai signifikansi yang didapat sebesar 0,074 artinya signifikansi > 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel mekanisme bonus dengan variabel trainsfer pricing namun tidak signifikan. Dari hasil pengujian hipotesis dengan uji signifikansi model secara simultan (uji F) diketahui bahwa F hitung = 2,609 sementara F tabel = 3,29 berarti bahwa f hitung < f tabel, sementara nilai signifikansi yang didapat sebesar 0,089 artinya signifikansi > 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa artinya tidak terdapat pengaruh pajak dan mekanisme bonus secara bersama-sama terhadap transfer pricing.
Referensi
Abdullah, Ma’ruf. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Penerbit Aswaja Pressindo.
Agustina, Afifah Nurul. 2019. Pengaruh Pajak, Multinasionalitas, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing. Jurnal Akuntansi. Pekalongan : Universitas Pekalongan.
Ayshinta, Jaya Patriot., Henri Agustin, Mayar Afriyenti. 2019. Pengaruh “Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus dan Exchange Rate terhadap Keputusan Perusahaan melakukan Transfer Pricing (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 - 2017). Jurnal Eksplorasi Akuntansi. Padang : Universitas Negeri Padang.
Badri, Juarsa. Nidia Anggreni Das, Yosep Eka Putra. 2021. Pengaruh Minimalisasi Pajak, Mekanisme Bonus, Kepemilikan Asing terhadap Transfer Pricing pada perusahaan Manufactur Multinasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Padang : Akademi Keuangan dan Perbankan Padang.
Bursa Efek Indonesia. 2021. Statistik Tahunan, (Online), (https://www.idx.co.id/data- pasar/laporan-statistik/statistik/, diakses 09 April 2022).
Bursa Efek Indonesia. 2021. Laporan Keuangan dan Tahunan, (Online), (https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan, diakses 09 April 2022).
Furqon, R. H., SE, M., SE, A. A., Dadang Suwanda, S. E., & MM, M. A. (2022). Strategi Optimalisasi Penilaian Pajak. Cipta Media Nusantara.
Furqon, R. H., Affandi, A., Suteja, J., & Suwanda, D. (2022). Brand Valuation of Garment Companies for Tax Purposes. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(2), 282-290.
Ghozali, Imam. 2013. Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif untuk Akuntansi, Bisnis dan Ilmu Sosial Lainnya.Semarang : Yoga Pratama.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Universitas Diponegoro Semarang. Edisi 9.
Ginting, Br Destriana., Yulita Triadiarti, Erny Luxy Purba. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Pajak, Mekanisme Bonus, Kepemilikan Asing, Debt Covenant Dan Intangible Assets Terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2015 – 2017). Jurnal Akuntansi Keuangan dan Perpajakan Indonesia. Medan : Universitas Negeri Medan.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Hariani, Dwi Oktaviana., Widi Dwi Ernawati, Novrida Qudsi Lutfillah. 2021. Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Transfer Pricing. Seminar Nasional Gabungan Bidang Sosial - Polinema. Malang : Politeknik Negeri Malang..
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Fitrawansyah Fitrawansyah, Henni Mustika Sari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.