Analisis Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan dalam Menggunakan Fasilitas E-Banking
(Pada Bank Nagari Cabang Tapus, Kabupaten Pasaman)
DOI:
https://doi.org/10.56145/jurnalekonomidanbisnis.v3i2.75Kata Kunci:
Kualitas., Pelayanan Fasilitas E-BankingAbstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana Upaya Peningkatan kualitas pelayanan bank Nagari Cabang Tapus dalam menggunakan fasilitas E-banking. Sementara Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian lapangan (Field Reseaarch) dengan pendekatan kualitatif dengan informan beberapa karyawan yang terpilih yaitu 15 karyawan Bank Nagari Cabang Tapus Kabupaten Kabupaten Pasaman. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan bank nagari cabang Tapus kabupaten Pasaman dalam upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan dalam menggunakan fasilitas E-Banking menggunakan 5 (Lima) Metode yaitu: Assurance (Jaminan), Reliability (Kehandalan), Tangible (Bukti Fisik), Empaty (Perhatian). Dan Responsiveness (Daya Tanggap). Dengan kegiatan antara lain: Menjelaskan produk E-Banking secara jelas/baik/detail, Membantu nasabah yang kesulitan dalam melakukan transaksi, menyediakan parkir khusus,menyelesaikan permasalahan dengan cepat dan tepat, paling lama 4 Hari jam Kerja dan jika permasalahan lebih parah maka 14 hari jam kerja. Sementara Kendala dan hambatan karyawan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah yaitu, dari segi bahasa, internet dan usia (Lansia) dan solusi dalam mengatasi kendala tersebut dengan meminta security atau karyawan lain dalam menerjemahkan bahasa yang digunakan nasabah, dan menjelaskan manfaat dan kegunaan dari transaksi menggunakan fasilitas E-Banking.
Referensi
Agustin Nengsih, Titin. 2021. Analisis minat menabung masyarakat di bank syariah Indonesia, studi empiris desa Pelawan Jaya. Jurnal Ekonomi, Vol. 5. No. 2. Hal. 32.
Ansori, Aan. 2017. Penerapan E-Banking Syariah Pada Sistem Informasi Manajemen Perbankan Syariah. Jurnal BanqueSyar’i. Vol. 3, No. 1. 2017. Hal. 114.
Antonius Along. 2020. Kualitas Pelayanan Adminitrasi Akademik Di Politeknik Negeri Pontianak. JIAP: Kalimantan Barat, Vol. 06. No. 1. Hal. 96.
Arafat Yusmad, Muammar. 2012. Aspek Hukum Perbankan Syariah Dari Teori Ke Praktik. Yogyakarta: CV Budi Utama. Hal. 25.
Bahrani. 2022. Kualitas Pelayanan Perguruan Tinggi Komponen dan Metode. Aceh:Syiah Kuala University Press. Hal. 14.
Basoek, Unggul. Dkk. 2020. Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat. Bandung: CV Media Sains Indonesia. Hal. 83.
Dayyan, Muhammad, Nurjanah & Uci Dinda Ayu Bestari. 2022. Analisis Keputusan Nasabah Menggunakan Layanan E-Banking Pada Bank Syariah Indonesia Di Kota Langsa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam. Vol. 7. No. 1. Hal. 192-193.
Elvi Mutiasari, Anita & Embun Duriany Soemarso. 2020. Analisis Kepuasan Nasbah atas Kualitas Layanan Internet Banking Pada Bank PT Pembangunan Daerah Jawa Tengah Kantor Cabang Pati. Keunis Majalah Ilmiah, Vol. 8. No. 2. Hal. 123.
Enterprise, Jubilee. 2010. Panduan`Memilih Konksi Internet Untuk Pemula,. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Hal. 2.
Gaspez, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hal. 54-56.
Gunawan Zebua, Try. 2021. Menggagas Konsep Minat Belajar Matematika. Gunungsitoli: Guepedia. Hal. 26.
Haryanto, Rudy. 2020.Manajemen Pemasaran Bank Syariah, Teori dan Praktik. Pamekasan: Duta Media Publishin. Hal. 9-10.
Hayati Nasution, Mislah & Sutisna. 2015.Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap internet Banking. Jurnal Nisbah, Vol. 1. No. 1. Hal. 63-64.
Hermawan, Sigit & Amirullah. 2016. Petode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Malang: Media Nusa Creative. Hal. 31.
Iffah, Lailatul, M. Faisal Abdulah & Yulis Nurul Aini. 2018. Persepsi Nasabah Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Bank Syariah Cabang Malang. Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 3. No. 1. Hal. 87.
Ikatan Bankir Indonesia. 2014. Memahami Audit Intern Bank. Jakarta Selatan: PT Gramedia Pustaka Utama, edisi 1. Hal. 3.
Indah Febriani, Nina. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagua. An-Nisbah, Vol. 03. No. 1. Hal. 146.
Istijanto. 2005.Cara Praktis Mendeteksi Dimensi-Dimensi Kerja Karyawan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Hal. 29-32.
Irmal, I., Kholili, I., Narimawati, U., Affandi, A., & Priadana, S. (2022). Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Asana Sincerity Dorm Jakarta Barat. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1175-1180.
Madaniah Nasution, Andini & Eko Suprayitno. 2022. Pengaruh E-Banking Dan Perlindungan Nasabah Terhadap Kepercayaan Nasabah Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Imiah Ekonomi Islam. Vol. 8 No. 2.Hal. 1
Makhfud, Ali. 2019. Bank Syariah Prinsip Dan Perkembangannya Di Indonesia. Madani Syariah. Vol. 1. Hal. 107.
Nasution, Suhailasari. Nurbaiti & Afrannudin. 2021. Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Tingkat SMP Kelas VII. Medan: Guepedia. Hal. 12.
Onny Siagian, Ade. 2021. Lembaga-Lembaga Keuangan Dan Perbankan. Sumatera Barat: CV Insan Cendakia Mandiri. Hal. 102.
Paramitasari, Niken. 2016.Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Menggunakan Metode Servqual Di Bagian Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung. Bandar Lampung: Jurnal Manajemen Magister. Vol. 02. No. 01. 2.Hal. 85.
Pesti W, Pipit. 2018. Buku Ajar Lansia Persfektif Dan Masalah. (Surabaya:UM Surabaya Publishing. Hal.5.
Rafidah. 2014.kualitas Pelayanan Islami Pada Perbankan Syariah. Nalar Fiqih, Vol. 10. No. 2. Hal. 120.
Suhidayat, T., & Affandi, A. (2018). Analisis Kepuasan Nasabah yang dipengaruhi Nilai Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan serta Kualitas Pelayanan. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(1), 35-48.
Rahmat, B., Narimawati, U., Afandi, A., Priadana, S., & Erlangga, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen OTO Bento. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1118-1122.
Supriyadi, Ahmad. 2017. Bank Syariah dalam Perpektif Filosofi, Yuridis dan sosiologis Bangsa Indonesia. Malia. Vol. 1. Hal. 3.
Susanti, K. H. (2023). Analisis Tingkat Pengetahuan tentang Pengelolaan Uang Saku pada SMK Darussalam Tarogong Kaler. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6360-6364.
Utama Dewi, Maya. 2021. Kendala Penggunaan Internet Banking. Semarang: Universitas Sains & Teknologi Komputer. Hal. 2.
Valarie Parasuraman, A. 2001. Delivering Quality Service. New York:The Free Press. Hal. 55.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Annisa Fitri, Yuwarman Mansur

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.