Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Nature Republic Di Store Nature Republic Summarecon Mall Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.56145/jurnalekonomidanbisnis.v3i2.83Kata Kunci:
Brand Ambassador, Citra Merek, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Ambassador dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Nature Republic di Summarecon Mall Bekasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling yaitu metode accidental sampling dengan responden sebanyak 349 konsumen yang menggunakan produk Nature Republic di Store Nature Republic Summarecon Mall Bekasi. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis jalur menunjukkan bahwa brand ambassador terhadap citra merek sebesar 19,7% brand ambassador terhadap keputusan pembelian 12,9%. Kemudian citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 27,8%. Dengan pengujian variabel secara parsial didapati bahwa variabel X berpengaruh normal dan positif terhadap variabel Y. Hal ini dilihat dari distribusi tanggapan responden dengan mayoritas setuju. Secara umum hasil penelitian menunjukan bahwa brand ambassador dan citra merek berpengaruh positif terhadap pembelian keputusan pembelian pada Nature Republic di Store Nature Republic Summarecon Mall Bekasi.
Referensi
Aeni, N & Ekhsan, M. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi Brand Trust. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 4(1).
Alma, Buchari. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Arikunto, Suharsini. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta
Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.
Djuanda, Ade. (2023). Analisis Pengaruh Advertisement Design, Brand Trust Dan Consumer Product Knowledge Terhadap Buying Intention PT Astra Graphia Tbk (Studi Kasus: Printer Personal Multifungsi Fuji Xerox). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.56145/jurnalekonomidanbisnis.v3i1.66.
Ghozali, Imam. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartuti, E. T. K., Narimawati, U., Affandi, A., Priadana, S., & Erlangga, H. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian serta Implikasinya pada Citra Perusahaan UMKM Makanan Tradisional Getuk Goreng di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1144-1149.
Jarkoni & Hariansyah, Irene Septy. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas PeLayanan Perpajakan Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi di KPP Pratama Cibitung. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1). https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v2i1.47.
Kolinug, M. S., Mananeke, L., Tampenawas, J.L.A. (2022). The Effect of Brand Ambassador and Brand Image On Revlon Cosmetic Purcahse Decision: Case Study on Sam Ratulangi University Students. Jurnal EMBA, 10(3), 101-111.
Kotler, Keller. (2016). Marketing Management. Pearson Education
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Ed.13 Jilid 1. Erlangga.
Mutadun, S & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Celebrity, Gaya Hidup dan Kepercayaan Terhadapa Proses Keputusan Pembelian (Studi Kasus Marketplace Shopee). Jurnal Economics and Digital Business Review, 3(2) 123-131.
Mustofa, M. A., & Affandi, A. (2021). Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian mobil jaguar dan land rover pada PT. Wahana auto mandiri di jakarta. Jurnal Tadbir Peradaban, 1(1), 48-53.
Siskhawati, L & Maulana, H.A. (2021). The Influence of Brand Ambassador and Korean Wave on Purchase Decision For Neo Coffee Products. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 24(1).
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Andi
Tjiptono, Fandy. (2014). Strategi Pemasaran, Ed.4. Andi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fina Angela Sitio, Candra Dwi Hardiana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.