Analisis Strategi Promosi Personal Selling Pada Produk Tabungan Dalam Upaya Pencapaian Target Jumlah Tabungan Nasabah Di BMT

(Studi Kasus Pada BMT Agam Madani Kanagarian Kamang Mudiak)

Penulis

  • Mimy Mutiara Irda Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Tartila Devy UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56145/jurnalekonomidanbisnis.v3i2.76

Kata Kunci:

Promosi, Personal Selling, Tabungan, Baitul Maal Wa Tamwil

Abstrak

Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu jumlah nasabah tabungan setiap tahunnya meningkat, namun tidak diikuti dengan pencapaian target jumlah tabungan, hanya pada produk simpanan Tamara yang berhasil mencapai jumlah target tabungan pertahunnya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan kendala  strategi promosi personal selling yang dilakukan karyawan pada produk tabungan dalam upaya pencapaian target jumlah tabungan nasabah di BMT Agam Madani Kanagarian Kamang Mudiak. Penelitian ini meruapakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, dimana data dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara dengan manager dan karyawan BMT Agam Madani Kanagarian Kamang Mudiak. Dari hasil penelitian yang dilakukan melalui dokumentasi dan wawancara yang diperoleh bahwa kegiatan strategi promosi personal selling di BMT Agam Madani Kanagarian Kamang Mudiak telah sesuai dengan 7 langkah-langkah personal selling yang dikemukakan oleh Kotler dan Amstrong, namun perlu di tingkatkan lagi pada tahap prapendekatan (preapproch) serta tahap presentasi dan demonstrasi (presentation and Demonstration) agar dapat tercapainya target jumlah tabungan nasabah setiap tahunnya. Namun dalam pelaksanaan strategi personal selling di BMT Agam Madani Kanagarian tentunya tidak terlepas dari adanya kendala-kendala yang terjadi. Kendala tersebut yaitu mengenai waktu kunjungan nasabah, keterbatasan jumlah karyawan dan faktor cuaca.

Referensi

Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Makassar: CV. Syakir Media Press.

Anisa, Indah Nur & Renny Oktafia. (2021). Penerapan Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Julah Funding Dan Lending Di BMT Harapan Ummat Sidoarjo. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, Vol. 4 No. 1.

Banjarnahor, Astri Rumondang dkk. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Darmawan dan Muhammad Iqbal Fasa. (2020). Manajemen Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: UNY Press.

Fachrurazi dan Eko Bahtiar. (2020). Strategi Baitul Maal Wat Tamwil (Teori Ke Praktek). Potianak: IAIN Pontianak Press.

Fawzi, Marissa Grace Haque., dkk. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori Dan Implementasi. Tangerang: Pascal Books.

Firmansyah, M. Anang. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Halim, Fitri., dkk. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Medan: Yayasan Kita Menulis

Hazisma, Suhairi dan Yusnizal Firdaus. (2014). Peranan Personal Selling Dalam Usaha Meningkatkan Volume Penjualan Jasa Periklanan Pada PT. Granton World Palembang (Studi Kasus Pada Perusahaan Periklanan). Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 11 No. 3

Julitawaty, Willy.,dkk. (2020). Pengaruh Personal Selling Dan Promosi Penjualan Terhadap Efektivitas Penjualan Ban Sepeda Motor PT. Mega Anugrah Mandiri. Jurnal Bisnis Kolega. Vol. 6 No. 1

Kotler, Philipdan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 2 Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Muhammad. (2021). Bank & lembaga Keuangan Syariah (Teori dan Aplikasi). Bandung: CV. Adanu Abimata.

Mursid, (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Muttalib, Abdul. (2019). BMT: Dalam Tinjauan Historis Menguak Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya. Jurnal Econotica. Vol. 1 No. 2.

Putricia, Siti Novira., dkk. (2021). Pengaruh Bagi Hasil Pada Produk Tabungan Mudharabah Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Syariah Indoensia KCP KM 6 Palembang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA). Vol. 1 No. 2.

Redjeki, F., & Affandi, A. (2021). Utilization of digital marketing for MSME players as value creation for customers during the COVID-19 pandemic. International Journal of Science and Society, 3(1), 40-55.

Sitorus, Onny Fitriana dan Novelia Utami. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif Dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Diterbitkan

2023-01-29

Cara Mengutip

Irda, M. M., & Devy, T. (2023). Analisis Strategi Promosi Personal Selling Pada Produk Tabungan Dalam Upaya Pencapaian Target Jumlah Tabungan Nasabah Di BMT: (Studi Kasus Pada BMT Agam Madani Kanagarian Kamang Mudiak). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 197–209. https://doi.org/10.56145/jurnalekonomidanbisnis.v3i2.76