https://www.e-jurnal.stiebii.ac.id/index.php/jkpm/issue/feedJurnal Kreatif Pengabdian Masyarakat2023-11-02T15:27:30+07:00Farah Hindun Istiqomah, S.Humperpustakaan@stiebii.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Kreatif Pengabdian Masyarakat adalah jurnal yang diterbitkan oleh STIE Bisnis Internasional Indonesia Bekasi. Artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Kreatif Pengabdian Masyarakat adalah artikel penelitian dengan fokus pada bidang pengabdian masyarakat. Publikasi jurnal melalui proses peer review. Penerbitan jurnal dilakukan secara berkala dengan frekuensi penerbitan dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan Oktober.</p>https://www.e-jurnal.stiebii.ac.id/index.php/jkpm/article/view/81Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Menggunakan Aplikasi Ipos 4.0 pada UMKM Elmeera Outlet Cikarang Barat2023-10-23T12:52:37+07:00Fadhia Ardiyantifardiyantibii@gmail.comCandra Dwi Hardianafardiyantibii@gmail.comJarkoni Jarkonifardiyantibii@gmail.com<p>Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sistem informasi akuntansi keuangan dengan menggunakan aplikasi Ipos 4.0 dalam konteks Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kegiatan dilakukan pada UMKM Elmeera Outlet di Cikarang Barat dan melibatkan serangkaian tahap, mulai dari pemahaman dasar akuntansi, pemanfaatan aplikasi Ipos 4.0, hingga pengembangan usaha. Metode yang digunakan mencakup pelatihan, implementasi teknologi, dan upaya peningkatan sumber daya manusia serta pemasaran online. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi dengan Ipos 4.0 membantu UMKM Elmeera Outlet dalam pencatatan transaksi keuangan sehari-hari, mengatasi kendala teknis, dan meningkatkan efisiensi operasional. Lebih lanjut, penggunaan sistem informasi akuntansi ini memungkinkan UMKM untuk menghasilkan laporan keuangan yang akurat sebagai dasar pengambilan keputusan. Hal ini menjadi kunci dalam menghadapi persaingan dan mendukung pertumbuhan usaha di era digital. Kegiatan ini memberikan wawasan penting tentang pentingnya sistem informasi akuntansi bagi UMKM dalam mengelola keuangan mereka dan menjaga keberlanjutan usaha di tengah tantangan ekonomi yang terus berkembang.</p>2023-10-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Fadhia Ardiyanti, Candra Dwi Hardiana, Jarkoni Jarkonihttps://www.e-jurnal.stiebii.ac.id/index.php/jkpm/article/view/86Strategi Pemasaran Digital Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Brokies Di Kecamatan Setu2023-11-01T19:25:10+07:00Edy Supriyantonyedysupriyantony@stiebii.ac.idMasruroh Masrurohmasruroh@stiebii.ac.id<p>Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan kegiatan strategi pemasaran berbasis digital pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kegiatan ini dilakukan pada UMKM Brokies di Kecamatan Setu, Jawa Barat. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan beberapa cara strategi pemasaran, menjelaskan tentang bagaimana cara memasarkan produk menggunakan media sosial dengan tujuannya agar UMKM dapat mengerti dan menerapkannya secara nyata. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran UMKM Brokies menggunakan media sosial berupa instagram dan whatsapp dan shopee.</p>2023-10-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Edy Supriyantony, Masruroh Masrurohhttps://www.e-jurnal.stiebii.ac.id/index.php/jkpm/article/view/82Perhitungan Harga Pokok Produksi Untuk Menentukan Harga Jual Roti Pada UMKM Dapur Levi2023-10-25T14:27:50+07:00Firza Bermantofirzabermanto@stiebii.ac.idLatif Maesarohlatifmaesaroh@stiebii.ac.id<p>Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) dan perhitungan harga jual pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kegiatan ini dilakukan pada UMKM Dapur Levi di Kecamatan Setu, Jawa Barat. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan peninjauan lapangan dan koordinasi dengan UMKM, memberikan sosialisasi yang baik, menjelaskan tentang harga pokok produksi, dengan tujuannya meberikan edukasi dan informasi pada UMKM terkait. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa dalam menghitung harga pokok produksi dari produk-produk yang dihasilkan dan dijual oleh UMKM Dapur Levi, sewaktu-waktu dapat mengalami perubahan karena adanya fluktuasi harga sehingga harga bahan baku menjadi berbeda-beda. Perhitungan pokok produksi dari UMKM Dapur Levi menggunakan metode perhitungan untuk sekali produksi, metode <em>full costing</em> dan cost <em>plus pricing</em>.</p>2023-10-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Latif Maesaroh, Iyan Suryantohttps://www.e-jurnal.stiebii.ac.id/index.php/jkpm/article/view/88Proses Produksi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dapoer Imoyy2023-11-02T15:27:30+07:00Ade Djuandaadedjuanda@stiebii.ac.idHeriyadi Heriyadiheriyadi@stiebii.ac.id<p>Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan proses produksi dari UMKM Dapoer Imoyy. Kegiatan Produksi Kegiatan produksi Dapoer Imoyy dilakukan dengan cara semi modern. Alat yang digunakan untuk pencampuran adonan menggunakan mesin <em>mixer </em>dan Sebagian kegiatan proses produksi lain dilakukan secara tradisional. Dapoer Imoyy sangat menjaga kualitas produk, dalam proses produksinya menggunakan bahan baku yang berkualitas dan terjaga kebersihannya.</p>2023-10-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Ade Djuanda, Heriyadi Heriyadihttps://www.e-jurnal.stiebii.ac.id/index.php/jkpm/article/view/85Digital Marketing Pada Produk Baju UMKM Laabagen Keren Dengan Media Sosial2023-11-01T15:26:11+07:00Kasidjo Kasidjokasidjo@stiebii.ac.idDynda Tiara Kharismadyndatiarakharisma@stiebii.ac.id<p>Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan kegiatan pemasaran berbasis digital pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kegiatan ini dilakukan pada UMKM Laabagen Keren di Jawa Barat. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan peninjauan lapangan dan koordinasi dengan UMKM, menjelaskan tentang bagaimana cara memasarkan produk menggunakan media sosial, dengan tujuannya agar UMKM dapat mengerti dan menerapkannya secara nyata. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran UMKM Laabagen menggunakan media sosial berupa instagram dan whatsapp.</p>2023-10-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Kasidjo Kasidjo, Dynda Tiara Kharisma